Otot Jeli Bikin Robot Bergerak Seperti Manusia

Updated at: 08.03.
Under Category: dunia unik
###;


Robot pada umumnya memiliki gerakan kaku. Para ahli robotik pun tertantang dan menggunakan jeli untuk membuat robot agar bisa bergerak seperti mirip manusia.

Ahli robot di Auckland Bioengineering Institute, Selandia Baru mengklaim, tambahan otot yang terbuat dari bahan serupa jeli memungkinkan anggota tubuh robot menjadi sangat fleksibel.

Berkat otot buatan ini, bagian tubuh robot tak lagi perlu banyak baut, roda gigi atau bantalan untuk mendukungnya bergerak. Seperti dikutip New Scientist, "Terdapat potensi besar penggerak jenis ini," ungkap Direktur Bristol Robotics Lab Chris Melhuish.

Menggunakannya, robot yang kelasnya benar-benar berbeda pun lahir, lanjutnya. Bahan jeli yang digunakan pada otot robot ini berbeda dengan jeli yang biasa dikonsumsi sebagai makanan.

Otot buatan ini terbuat dari lembaran film polimer isolasi yang dapat dimelarkan hingga 300% dari ukuran asli. Di sisi lain, lembaran film ini memiliki lapisan karbon pelumas yang menumpuk muatan positif di satu sisi dan muatan negatif di sisi lain.

Muatan ini membantu menarik lapisan satu sama lain ketika lapisan polimer berkontraksi dan meluas di antara dua potongan anggota badan robot yang menjadi beban.
###

Otot Jeli Bikin Robot Bergerak Seperti Manusia
"Otot Jeli Bikin Robot Bergerak Seperti Manusia" Di Posting oleh blog , Selasa, 29 Maret 2011, pukul 08.03 dalam topik dunia unik dan permalink http://wongcilongok.blogspot.com/2011/03/otot-jeli-bikin-robot-bergerak-seperti.html. Nomer ID: 4.8.

Comments :

Daftar Isi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Is Hosted by Blogger